Kamis, 07 Februari 2013

LoveBird simbol pasangan setia

Kawan, apakah kamu merupakan salah satu orang yang nggak pernah absen untuk memberikan hadiah saat pacarmu berulang tahun? Wait, biar Ekspresi Suara Remaja tebak. Kamu pasti lebih suka memberikan kado berupa baju, jam, sepatu, atau tas. Hayoo, benar kan?? Hehehe…
Beuh! Sekarang sudah nggak jamannya lagi memberikan kado seperti itu. Kamu pernah dengar burung Lovebird nggak? Burung berjenis parkit ini lagi happening banget di kalangan anak muda untuk diberikan kepada someone specialnya lho. Karena lovebird yang memiliki karakter setia kepada pasangannya, dipercaya sebagai simbol awetnya sebuah hubungan.
Tapi memelihara lovebird itu gampang-gampang susah, karena sifatnya yang sensitif! Nah lho, daripada mati setelah diberikan ke pacar, mending simak beberapa tips cara merawat burung berbulu cantik berikut ini yuk!
     
  •      Pakan
Lovebird termasuk keluarga paruh bengkok yang juga memakan biji-bijian, berikan bijian mix.  Mereka juga pecinta sayuran segar lho, seperti kangkung, sawi putih, jagung muda. Asinan juga bisa diberikan untuk mencukupi kebutuhan kalsiumnya. Bisa juga diberikan extra fooding seperti biji bunga matahari, biji kedelai, kacang merah, kacang hijau untuk sebagai tambahan vitaminnya. Kontrol selalu pakannya, apakah masih segar atau sudah basi.
  •      Sanitasi
Jaga kebersihan kandangnya, minimal satu kali sehari. Dan, jangan lupa mandikan juga si lovebird kesayangan kamu biar segar dan bersih.
  •      Berjemur
Biar makin sehat dan cerewet, jemur lovebird selama 30-60 menit perhari saat matahari mulai naik pada pukul 08.00-10.00.
  •      Masa Mabung (bulu rontok)
Pada masa ini, lovebird lebih sensitif dari biasanya. So, tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia, atau di beri kerudung. Mandi cukup sekali seminggu saja, dan jemur maksimal 30 menit/hari. Berikan extra fooding, karena sangat berguna untuk pembentukan sel-sel baru dan pertumbuhan bulu baru. Berikan multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum dua kali seminggu.
Burung yang jinak ini juga memiliki suara yang indah lho, asik juga kan kalau lagi pacaran di rumah sambil ditemani kicauan merdu dari lovebird. Du-dudu-du-du…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar